Langsung ke konten utama

Rpp PAI Kelas 6

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SDN 02 MAKARTI

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas / Semester : VI / 1

Pembelajaran 1 : Indahnya Saling Menghormati

Materi Pokok : QS. Al-Kafirun dan Al-Maidah

Alokasi Waktu :   4 x 4 Jam Pelajaran

Tgl Pelaksanaan: :   …………………….


TUJUAN PEMBELAJARAN

Membiasakan diri membaca al-Qur’andengan tartil.

Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi daripemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirundan al- Maidah/5:2.

Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirundan Al-Maidah/5:2 dengan benar.

MembacaQ.S. Al-Kafirundan Al-Maidah/5:2 dengan jelas dan benar.

MenulisQ.S. Al-Kafirundan Al-Maidah/5:2 dengan benar.

Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirundan Al-Maidah/5:2  dengan benar.

Mencontohkan perilaku toleran  dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kafirundan Al-Maidah/5:2.

Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas


KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius

2. Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3. Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran. 

Kegiatan Inti

Guru menulis kalimat Basmalah dan beberapa penggalan ayat Q.S. Al-Kafirunpada papan  tulis atau melalui media lainnya.

Membaca Al-Qur’an surat Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan memperhatikan  makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.

Membaca secara berulang-ulang sampai hafal surat Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan memperhatikan makhraj hurufnya.

Sebelum  masuk pada  inti pembelajaran membaca,  guru terlebih dahulu  menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur'an yang baik dan benar

Setiap kelompok diwajibkan untuk menyusun potongan-potongan kertas berukuran 3 X 5 cm bertuliskan penggelan ayat dan  arti Q.S. Al-Kafirunyang sudah disediakan oleh guru

Guru melafalkan secara berulang  huruf-huruf yang dianggap sulit dan  peserta  didik diminta  untuk  menirukan  pelafalan  tersebut secara bersama. Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik melafalkan Al-Qur’an surat Al-Kafirun dan Al-Maidah  dengan benar.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui Buku Pelajaran.

Kegiatan Penutup

Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari 

Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

Melakukan penilaian hasil belajar

Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) 

PENILAIAN

Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan


Mengetahui,

Kepala SDN 02 Makarti


SANTOSA, S.Pd

NIP. 19670325199112 1 001

Makarti, ...............................20....

Guru PAI


SEMI RAHAYUNINGSIH, S.Pd.I.

NIP. 19610908 198203 2 003


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PRINSIP PRINSIP SUPERVISI PENDIDIKAN

MAKALAH SUPERVISI PENDIDIKAN II TENTANG PRINSIP-PRINSIP SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH : KELOMPOK 3 HERRU ARRIZA YENNIS DOSEN : DRS.H.AHMAD SABRI, M.PD KUALIFIKASI REGULER S1 JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TERBIYAH IAIN IB PADANG 2012 I.                    PENDAHULUAN Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Menyadari akan hal tersebut, pemerintah sangat serius menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan dikatakan sebagai salah satu unsur paling penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan merupakan proses pendewasaan diri manusia serta proses pembentukan pribadi dan karakter manusia. Manusia diberikan dasar-dasar pengetahuan s

tugas dan tanggung jawab supervisor

I. PENDAHULUAN Dalam kehidupan suatu negara pendidikan memegang peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu bangsa dan Negara, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Masyarkat Indonesia dengan laju pembangunannya masih menghadapi masalah pendidikan yang berat. Sekolah merupakan lembaga formal sesuai dengan misinya yaitu melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Kegiatan belajar mengajar ini akan berjalan lancar jika komponen-komponen dalam lembaga ini terpenuhi dan berfungsi sebagaimana mestinya. Komponen-komponen tersebut antara lain: sarana dan prasarana yang memadai, terpenuhinya tenaga pendidikan yang kualified, adanya struktur organisasi yang teratur, dan yang tak kalah pentingnya adalah supervisi pendidikan itu sendiri. Peran supervisor dalam suatu lembaga pendidikan, harus mampu mengembangkan potensi yang ada pada staf atau guru disekolah dan juga untuk mem

book report

KATA PENGANTAR Assalamualaikum wr.wb Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis bias menyelesaikan tugas “BOOK REPORT” ini. Dalam penyusunannya mungkin tugas “BOOK REPORT” ini sangat jauh sekali dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis sangat berharap saran dan kritik yang sifatnya membangun sebagai bahan perbaikan bagi penulis di masa yang akan datang. Dalam kesempatan kali ini penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas ini. Mudah-mudahan tugas “BOOK REPORT” yang penulis buat dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Wassalamualaikum wr.wb Padang , 07 Januari 2013 Penulis Herru Arriza DAFTAR ISI KATA PENGANTAR..........................................................................................................i DAFTAR ISI.........................................................